Sumber: cdn-9chat-fun.9cache.com
|
Oleh
A.R.P.
-Hal ini berhubungan dengan tingkat keseriusan kita
menghargai orang lain-
Waktu dalam
kehidupan sehari-sehari sangatlah penting karena waktu tidak dapat diulang
kembali atau diputar kembali. Dalam kehidupan sehari-hari, semua aktivitas yang
kita lakukan pasti selalu berhubungan dengan waktu.
Setiap kita
melakukan aktivitas sehari-hari, ketepatan waktu menjadi salah satu yang
mencerminkan tingkat kedisiplinan seseorang. Maksudnya, semakin seorang sering
terlambat, bisa ditebak bahwa orang tersebut kurang disiplin.
Tepat waktu
itu sendiri adalah mengerjakan apa yang harus kita kerjakan tepat pada waktunya.
Tentu saja dengan tepat waktu kita bisa mendapatkan keuntungan tersendiri. Ada beberapa
alasan mengapa tepat waktu itu penting.
Pertama, dalam suatu perjanjian tepat waktu bisa sebagai cara untuk menghormati
janji yang telah kita buat dengan orang lain. Dengan datang terlambat, secara
tidak langsung seperti melanggar janji yang juga bisa berpotensi merugikan
orang lain.
Alasan Kedua adalah tepat waktu sering kali
juga terkait dengan menghormati suatu ototritas. Misalnya sekolah, kampus, atau
instansi tempat tempat kita bekerja adalah otoritas yang mau tidak mau harus
diikuti dan dihormati siapapun yang ingin menjadi bagian darinya.
Ketiga, terkait dengan sebuah undangan yang memiliki batasan waktu. Datang tepat
waktu merupakan satu cerminan penghargaan untuk si pengundang.
Terlambat. Apapun
bentuk alasannya lebih sering tidak tertoleransi. Jika alasannya ada kepentingan,
semua orang juga tentu punya kepentingan, keperluan dan kewajiban. Tetapi hal
yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana kita mengatur waktu agar semua
kewajiban kita terlaksana tepat waktu. Hal ini berhubungan dengan tingkat
keseriusan kita menghargai orang lain. Artinya, kita menghargai waktu yang orang
lain sediakan untuk kita. Karena bisa jadi kepentingannya tidak hanya sekedar
menemui kita. Dan terlebih menikmati keterlambatan yang kita timbulkan. Ada banyak
keperluan orang lain yang tidak kita tahu. Bisa jadi dengan keluarga,
teman-temannya bahkan yang jarang kita pikirkan adalah dia juga ingin punya
waktu untuk dirinya sendiri.
Dengan datang
tepat waktu dan tidak membuat menunggu artinya kita benar-benar mengagendakan
pertemuan itu dengan serius. Terlambat sekali dua kali itu wajar. Tetapi jika
terjadi ketiga kalinya itu menunjukkan bahwa kita jenis orang yang kurang mampu
bertanggung jawab. Lalu bagaimana jika sudah berusaha maksimal tetapi ada hal
tidak terduga yang harus diutamakan dan akhirnya membuat kita terlambat?
Jadi, segera
lakukan konfirmasi. Memberikan kabar kepada pihak yang bersangkutan agar tidak
bertanya-tanya dan menunggu tanpa kepastian.
Sesuatu yang
sangat penting menyikapi hal ini adalah bagaimana kita memanage waktu. Bukan hanya pengaturan finansial yang butuh management, tetapi memanage waktu jauh lebih penting. Bagaimana kita mengkondisikan
diri kita sendiri sedemikian rupa, mulai dari bangun tidur di waktu subuh dan
menjelang tidur di malam hari lagi. Memanage
kapan harus bekerja, istirahat, mencari hiburan ataupun menyendiri. Harus ada management waktu yang kondusif dari diri
kita sendiri. Agar tidak terlalu capek
dan semua bisa dikerjakan secara maksimal dengan waktu yang singkat.
Sumber:
Diketik dari buah tangan penulis
*Penulis
merupakan mahasiswi Universitas Hasanuddin angkatan 2017.
2 Comments
Izin shate
ReplyDeleteTerimakasih artikelnya.
ReplyDelete